keistimewaan malam dan hari jum'at

Posted by Yuna on 11:54 PM, 15-Mar-12 • Under: islami
السلام عليكم ورحمه الله وبركاته

Sebelumnya,di malam jum'at ini marilah qt bersholawat kpada junjungan qt nabi Muhammad saw.
‎ اللهم صل علي حبيبك سيدنا محمد وعلي اله وصحبه وسلم ..٣ اجمعين ‏
Allahumma shali alaa khabibika sayyidinaa Muhammadin wa alaa aalihii wa shahbihii wasallim 3x, ajmai'iin
Semoga dengan bacaan sholawat (dimalam jumat) diatas qt mendapat syafaatnya dihari qiamat . Amin


Kali ini ane mencoba untuk sedikit menulis tentang HARI JUMAT.
Sebagian orang menganggap malam jum'at adalah malam yg menakutkan karena dimalam itu adalah malamnya para mas pocong,mbak kunti,dan om genderuwobiggrin yang gak disebut jangan marah. Hehehe..
Padahal justru sebaliknya,itu hanya hal yg dibuat" oleh kalangan tertentu. Tentang maksudnya mungkin agar kita menjadi takut,ato agar qt kaum muslim KEHILANGAN KEISTIMEWAAN HARI JUM'AT tsb. Subhanallah. Semoga kita terhindar dari bisikan setan tsb agar kita menjahuhi hari yg seharusnya jadi hari kebanggaan qt.
Karna bagi orang muslim jum'at adalah sayyidul ayyam atau rajanya hari karna termasuk hari rayanya orang islam.(1) Maka boleh dibilang,malam jum'at bukanlah malamnya para hantu etc, namun malam jum'at adalah malamnya para malaikat.
Kenapa begitu?? Karena didalam malam jum'at, Allah mengutus para malaikat turun untuk melipat gandakan kebaikan dan menghapus keburukan (2)
Dan taukah antum? Sesungguhnya jum'at adalah hari raya islam, sabtu adalah hari raya orang nasrani dan hari minggu adalah hari raya yahudi.??(3)
Subhanallah,semoga qt bukan termasuk orang" yang lalai. Amin.
Ahirnya marilah qt kembali menilik siapakah qt. Semoga qt tidak terkecoh dengan semua tipu daya setan yg menjadikan qt golongan yahudi ataupun nasrani. Jika memang ada arwah dimalam jum'at,itu bukanlah seperti apa yg di katakan "mereka", Namun sebaliknya, itu adalah arwah" ayah,ibu atau kakek nenek qt yg datang untuk melihat qt dan berharap qt mendoakan untuk keselamatannyadoa.gif
Nah,semoga dengan apa yg ane tulis ini dapat membuat qt sedikit lega,karna bahwasanya MALJUM BUKAN SEPERTI KATA MEREKA.NAMUN MALJUM ADALAH HARI BERKAH biggrin .
Mungkin ini dulu yg bisa ane sampaikan untuk sama" qt belajar tentang makna MALAM DAN HARI JUM'AT . Maaf jika ada salah" kata, ahirul kalam
والسلام عليكم ورحمه الله وبركاته

(1). Seperti pernyataan Ali bin Abi Thalib (Karomallohu Wajhah) berkata: “Sesungguhnya Allah swt memilih Jum’at, lalu menjadikan harinya sebagai hari raya, dan memilih malamnya (malam jum'at) menjadi malam hari raya. Di antara keutamaannya adalah, orang yang momohon hajatnya kepada Allah Azza wa Jalla pada hari Jum’at Allah mengabulkanny. Suatu bangsa yang pantas menerima azab lalu mereka memohon pada malam dan hari Jum’at Allah menyelamatkan mereka darinya, tidak ada sesuatu pun yang Allah tentukan dan utamakan kecuali Ia menentukannya pada malam Jum’at.
(2).Imam Ja’far berkata “Malam Jum’at dan harinya mempunyai hak, maka janganlah kamu sia-siakan kemuliaannya (mengurangi ibadah) dan mendekatkan diri kepada Allah dengan amal- amal shaleh, dan tinggalkan semua yang haram. Karena di dalamnya Allah swt melipatgandakan kebaikan, menghapus kejelekan, dan mengangkat derajat. Hari Jum’at sama dengan malamnya. Jika kamu mampu, hidupkan malam dan siangnya dengan doa dan shalat. Karena di dalamnya Allah mengutus para Malaikat ke langit dunia untuk melipatgandakan kebaikan dan menghapus keburukan, sesungguhnya Allah Maha Luas ampunan-Nya dan Maha Mulia.”
(3)Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah bersabda: "Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk." [HR. Muslim]
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

42 responses to "keistimewaan malam dan hari jum'at"

ibnu gunar on 12:28 AM, 16-Mar-12

nyimak pertama nich..
Follbacknya di tunggu wan....

Black's Ustadz on 12:29 AM, 16-Mar-12

assalamu'alaikum,......
Semoga kita termasuk orang2 yang tidak begitu mudahnya percaya takhyul ataupun mitos,....
Berpeganganlah pada Qur'an & Hadits,makasih artikelx sahabatku
Wassalamu'alaikum,....

Yuna on 12:41 AM, 16-Mar-12

@ibnu gunar,
aduh,kok wan biggrin ane gag pantes dpanggil wan gan,ane hnya muslim biasa lol
lgsg tkp gan.
sukron.

Yuna on 12:43 AM, 16-Mar-12

@Black's Ustadz,
amin gan. biggrin
waalaikumussalam .wr.wb.

The Rainy Day ® on 12:52 AM, 16-Mar-12

Ikutan sholawat aja mas . .

allahumma sholi alaa khabibika sayyidina muhammadin wa alaa aalihi wa shohbihii wasaliim.. biggrin

Yuna on 01:13 AM, 16-Mar-12

@The Rainy Day ®,
allahuma sholu alaih. smile
sukron udah mampir n ikut bersholawat berjamaahbiggrin

[GHUROBAzine] on 01:52 AM, 16-Mar-12

ane suka yg bgnian lnjtkan gan..

Yuna on 02:09 AM, 16-Mar-12

@[GHUROBAzine],
sukron kasirrr.. mrgreen
makasih dukungan n suportnya gan.

Latif Mualim on 02:16 AM, 16-Mar-12

makasih

Yuna on 02:44 AM, 16-Mar-12

@Latif Mualim,
wa alaik gan smile

®Propolis|blog herbal® on 02:53 AM, 16-Mar-12

hadir sob,ma'af banget nh telat
Hehe biggrin salam sukses slalu sob biggrin.

Janggut Beracun on 04:06 AM, 16-Mar-12

Postinganx asiek dibaca..
SebeLumx ALaiki ssaLam ukhty..
.
Sy tertarik dngn Potongan kaLimat diatas "itu adaLah Arwah yang datang meLihat kt dan berharap mendoakanx"
.
Yg ane mau tanya,
apa perbedaan Arwah dan Roh ? Trus bukanx orng meninggaL berada diaLam kubur ? Coz sepengetahuan ane ALam Materi dan Non Materi berbeda dimensi dan tdk mungkin dapat di indrawi..
.
Afwan iza minni khotoya smile

Yuna on 04:14 AM, 16-Mar-12

@®Propolis|blog herbal®,
sukron ganbiggrin

Rully on 04:30 AM, 16-Mar-12

met pagi , nyimak mas ,sukses ya.maaf kemarin mwb saya eror jadi belum ke follow padahal udah saya follow .maaf ya ,sekarang udah sukses mas

Yuna on 04:35 AM, 16-Mar-12

@Janggut Beracun,
hehe.makasih atas perhatianya. sebelumnya.ane cow ganbiggrin
Sdikit penjelasan.itupun menurut yg ane tahu.
ketika seseorang mati,mereka ditempatkan disuatu tempat (dialam kubur) sebelum hari kebangkitan. Dan ketika malam jum'at mereka diberi ijin untuk sekedar menjenguk kubur dan keluarganya berharap mereka mendoakan si mayit tsb agar diringankan dari adzab kubur. sad
Semoga beliau semua diberi keringanan atas adzab kubur. Amin.

Yuna on 04:36 AM, 16-Mar-12

@Rully,
na'am gan. Sukron ilaik. smile

.::Aswin lavigne::. on 04:45 AM, 16-Mar-12

wah ane tlat ne,malam jum'at ud lwat.gnti jum'at pgy.he he

Yuna on 05:42 AM, 16-Mar-12

@.::Aswin lavigne::.,
hehe. Hari jum'at dalam hitungan islam ialah berawal dari tengelamnya matahari di hari kamis sampai tenggelamnya matahari dihari jum'at biggrin jd blm telat untuk berbuat baik dihari yg baik ini gan.biggrin

Sam jangkrik on 06:49 AM, 16-Mar-12

Nyimak Gan, menarik infonya

Voodoo on 07:21 AM, 16-Mar-12

terima kasih infonya ganbiggrin
Skarang saya lebih yakin!

Nurul Huda on 08:17 AM, 16-Mar-12

met pagi, sobat. Makasih pencerahannya..

Yuliant on 08:42 AM, 16-Mar-12

subhanallah sayidul ayyam adalah penghulu dr semua hari,dan semua mahluk takt kpd hari jum'at karna kiamat akan terjadi pada hari jum'at 'semoga kita semua mendapat ke utamaan hari jumat ya ukhti'aamiin

Ihya 'Roach' Sanderson on 08:46 AM, 16-Mar-12

Dunia bermula dan berakhir pada hari jum'at
subhanallaah

Andy Al-Ghoni on 09:58 AM, 16-Mar-12

perbanyak dzikrulloh,,,

Nice share sob,,,

Ehzan on 10:24 AM, 16-Mar-12

Mantap gan. . . Pertamax

BELLA VIETHA on 11:15 AM, 16-Mar-12


​وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Met jelang siaang kgmz smile

Afwan bella tladh hadir maz, Subhanalloh hari jumat adalah hari sangat mulia disisi ALLAH Swt... Maka perbanyaklah amalan2 malam n hari jumat... InsyaAllah diijabah OlehNya..
Btw, update bella hari ini sama dg maz, smga bermanfaat bagi para pembaca yaa maz, baca berulang-ulang akan lebih bagus..

Syukron jiddan maz quwh smile

Janggut Beracun on 03:24 PM, 16-Mar-12

Makasi atas pencerahanx, meski tdk terjawab secara keseLuruhan.. biggrin
.
Ada baikx setiap gagasan disertakan dngn daLiL . . Entar kesanx dianaLogikan "Ada Ayam tanpa BuLu" hehe kan jd bingung sob biggrin
.
Maap jika ada sLh kata biggrin

Yuna on 05:07 PM, 16-Mar-12

@Sam jangkrik,
tafadhol gan.smile

Yuna on 05:19 PM, 16-Mar-12

@Voodoo,
sama" gan. Semoga yg sedikit diatas bisa bermanfaat.

Yuna on 05:22 PM, 16-Mar-12

@Nurul Huda,
sama" gan. biggrin

Yuna on 07:45 PM, 16-Mar-12

@Yuliant,
na'am gan.
amin amin ya robbal alaminsmile

Yuna on 07:47 PM, 16-Mar-12

@Ihya 'Roach' Sanderson,
kayak hari lahir ane ganbiggrin curcol.com
semoga juga kelak mati dihari yang sama. Agar trhndar dri adzab kuburmrgreen

Yuna on 07:49 PM, 16-Mar-12

@Andy Al-Ghoni,
na'am gansmile
sukron ilaik.

Yuna on 07:54 PM, 16-Mar-12

@Ehzan,
hehe gan. Pertamax truzbiggrin

Yuna on 09:43 PM, 16-Mar-12

@BELLA VIETHA,
fainsya allah ndukbiggrin
.wa alaik nduk.

Yuna on 10:04 PM, 16-Mar-12

@Janggut Beracun,
Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya setiap Jum’at arwah orang-orang mukmin datang ke langit dunia vertikal dengan rumah mereka, seraya masing-masing mereka memanggil dengan suara yang sedih sambil menangis: wahai keluargaku, anak-anakku, ayahku dan ibuku, kerabatku, sayangi kami niscaya Allah menyayangi kalian dengan hadiah yang kalian berikan pada kami. Celaka kami (karena harta kami), kami yang dihisab, orang lain yang mengambil manfaat.”
Rasulullah saw bersabda: “Berilah hadiah mayit- mayitmu.” Kemudian kami (sahabat) bertanya: Apa hadiah untuk mayit? Beliau menjawab: “Sedekah dan doa.” (Mafatihul Jinan, pasal 10, hlm 570)

Dalam hadis yang lain Rasulullah saw bersabda: “Masing-masing mereka memanggil kerabatnya: Sayangi kami dengan dirham atau roti atau pakaian, niscaya Allah menyayangi kalian dengan pakaian dari surga.” Kemudian Rasulullah saw menangis. Kami (sahabat) pun ikut menangis, Rasulullah saw tak kuasa berbicara karena banyaknya menangis. Kemudian beliau bersabda: “Mereka itu adalah saudara kalian dalam agama, mereka hancur menjadi tanah setelah mereka (di dunia) diliputi kesenangan dan kenikmatan. Mereka memanggil dengan seruan: “Celaka kami, sekiranya kami dulu menginfakkan harta kami di jalan ketaatan kepada Allah dan ridha-Nya, niscaya kami tidak butuh pada kalian.” Lalu mereka pulang dengan kerugian dan penyesalan, dan mereka berseru: Cepatlah kalian bersedekah untuk mayit kalian.”
Semoga yang diatas dapat menjawab pertanyaan ente gan.smile

Janggut Beracun on 12:04 AM, 22-Mar-12

.Sip sob. . . Terjawab sudah. . !!
Meski mafatihuL jinan bukan trmasuk 5 perowi hadist terbesar, waLau firman ALLah tdk disertakan ato memang tdk ada,,yg ane tau hadist berperan sbg penjeLas dari daLiL AL-Quran..!!
.
Hati2 hadist doif entar berujung ke bid-ah. . .
maaf atas tutur kata ane yg kurang sopan..!!
Dinanti kunbaLna sob biggrin

Yuna on 12:23 AM, 28-Mar-12

@janggut beracun
gpp gan, ane malah suka dengan type orang yg kritis biggrin
Yah.Mgkn cuma itu yg ane tahu.
dan soal bid'ah,Mgkn ada hadist bilang bahwa bid'ah tetaplah bid'ah.Dan semua bid'ah adalah buruk.
Namun,setahu ane ada bid'ah baik. Dan itu diperbolehkan ketika ada manfaat didalamnya.smile
Menurut agan,pengertian bid'ah sendiri itu apa?

Admin [Zona Islam] on 09:17 AM, 30-Mar-12

jumat itu asyik biggrin smua pd plang sblm jm 12 ciank biggrin

fatimah on 02:10 PM, 25-May-12

Assalamualaikum

maaf ustad, sy mau tanya:
apa benar tiap malam juma'at saudara kita yang telah meninggal datang kerumah.
dan apakah haiditsnya.
terima kasih

wasalam

Tha'ing Swithir on 05:59 PM, 06-Sep-12

Met malam " sayyidul ayyam" Lailatul jum'ah khairul min ayyamil ukhr"
klo bisa jgn cuma mlm jum'at yg di bahas malam yg lainx jg punya keistimewaan ust. afwan idza kana al kalam khattha-in

Yuna on 11:52 AM, 12-Oct-12

@Fatimah,
diatas sudah pernah ane jelaskan ukhti,silahkan dibaca" lagi. smile

@Tha'ing Swithir,
sukron atas kunjunganya gan.
Fainsyaallah gan. Napa ane nulis hari jumat karena btapa pentingnya hari itu ketimbang hari" yang lain.
Agar keistimewaan hari jum'at tidak terkikis dan lengser karena hari sabtu n minggu yg saat ini lebih dinanti".
Smoga kita smw terhindar dari kebiasaan tsb. Amin

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

New comments disabled for this post.